Sabtu, 02 Maret 2013

Kebudayaan Indonesia Yang Hampir Punah

Indonesia
Negara Indonesia ini kaya akan alam, bermacam-macam suku,bahasa daerah,dan banyaknya budaya. Kali ini kita akan bahas tentang budaya-budaya Indonesia yang dikenal dunia tapi di negeri sendiri malah sedikit yang melestarikannya.Sebut saja kesenian budaya seperti Ludruk,Lenong,Reog,Wayang, Mamanda, Rudat,Tarling, tari Jaipong, alat musik seperti Kecapi, Gamelan, Angklung,Sasando,Talindo,Babun,Alosu,Atowo,kegiatan menenun, membatik dan masih banyak lagi yang lainnya. Para generasi penerus lebih menyukai budaya luar negeri dari pada negeri sendiri.Ini dikarenakan faktor perkembangan teknologi yang semakin pesat serta peran media elektronik yang semakin menghilangkannya unsur budaya lokal sehingga para generasi penurus menghabiskan waktu menikmati budaya luar lewat TV, Internet dll.Tentu efeknya akan berkembang pada pola kehidupan sehari-hari,karena gaya hidup remaja lebih rentan dan lebih mudah terhadap hal-hal yang dianggapnya sebagai hal baru. Mereka enggan dan malu melestarikan budaya sendiri dibandingkan menikmati budaya lain.
Ini terbukti semakin kurangnya peminat budaya sendiri oleh para generasi penerus. Mencintai budaya dari negeri lain boleh saja asalkan tidak melupakan budaya negeri sendiri.Dan inilah parahnya,para remaja lebih berantusias menerima serta menikmati budaya luar yang seharusnya menjadi minioritas dan budaya Indonesia yang seharusnya menjadi mayoritas, kini terbalik begitu saja.Sekarang budaya luar yang lebih menjamur di budaya kita.Jika ini dibiarkan, tentu saja kita akan kehilangan budaya yang kita miliki dan akan punah ditelan budaya luar yang menjamur ke negeri ini.
Sebagai bangsa yang kaya akan budaya, kita patut bersyukur karena bangsa lain belum tentu memiliki kekayaan budaya seperti kita. Walaupun begitu,kita tidak lantas hanya mengapresiasikannya saja. Kita sebagai penerus bangsa juga harus ikut berperan dalam melestarikan kelangsungan budaya yang diberikan dari nenek moyang dan para leluhur kita agar tidak hilang dan punah akibat masuknya budaya bangsa lain yang sekarang lebih mendominasi bangsa kita.Budaya kita seharusnya menjadi penguasa di negeri sendiri,oleh karena itu mari kita bergerak melestarikan budaya kita agar tetap terjaga sampai nanti

0 komentar:

Poskan Komentar